Pawai Telong-Telong

Pawai Telong-Telong

Pawai Telong-Telong sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan Pemerintah Kota Padang setiap menyambut HUT Kota Padang, biasanya acara pawai ini akan digelar satu hari sebelum hari jadi Kota Padang, yakni setiap tanggal 6 Agustus malam. Tahun ini Kota Padang akan berulang tahun ke 350 tahun Pada tanggal 7 Agustus 2019.

Pawai Telong-Telong tak hanya sekedar festival biasa, tetapi pawai ini mempunyai sisi sejarah panjang yang melatar belakanginya. Sejarah Telong-Telong bermula dimasa penjajahan VOC Belanda di tahun 1669 silam, ketika melakukan penyerangan terhadap penjajah masyarakat menggunakan telong-telong sejenis lampion sebagai peralatan seadanya dipasang disekitar camp-camp musuh, sehingga membuat lengah pengawasan.

Lewat Telong-Telong masyarakat Kota Padang sukses memporakporandakan pertahanan Belanda yang sedang menjajah Indonesia kala itu. Di tahun 2019 Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang mengajak berbagai organisasi dan Paguyuban masyarakat di Kota Padang, seperti Paguyuban masyarakat Jawa, Sunda, Batak, Cina, dan India kelompok maupun organisasi seperti Karang Taruna beserta Club Sepeda Ontel dan Mobil Jeeb juga diikut sertakan demi suksesnya acara Pawai Telong-Telong 2019.

Sumber foto ( instagram : @iggoy )