Masjid Raya Ganting Padang, Sarat Nilai Sejarah

Diposting : Sep 7, 2021 / 52 kali dibuka

Masjid Raya  Ganting Padang, Sarat Nilai Sejarah

Masjid yang terletak di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Timur ini merupakan masjid tertua di Kota Padang. Dibangun pada tahun 1805, Masjid Raya Ganting saat ini telah ditetapkan menjadi cagar budaya.“Masjid ini merupakan bangunan tertua yang ada di Kota Padang, karena dibangun pada tahun 1805 di lokasi ini yang sebelumnya berada di pinggir Batang Harau, Kecamatan Padang Selatan,” kata Narsuhud Husin, salah seorang pengurus masjid.

Masjid ini awalnya didirikan oleh tiga ulama dan saudagar di Padang yaitu Gapuak, Syekh Haji Uma, Syekh Kepala Kota, dan pemerintah Belanda, serta saudagar China. Masjid yang berukuran 30×30 meter ini memang unik arsitekturnya karena memadukan desain Timur Tengah, Cina, dan corak Eropa. Masjid ini memiliki empat atap susun tingkat tiga dan delapan pintu dan delapan jendela.

Keunikan lain dari masjid ini adalah tiang-tiang yang berjejer dalam lima baris. Diameter tiang sekitar 80 sentimeter bertinggi 4,2 meter dengan cat warna putih. Tanpa hiasan, kecuali nama-nama nabi dalam tulisan Arab dan sedikit cat warna kuning keemasan di bagian teratas dan terbawahnya.

Admin :

Pariwisata Padang

Lihat Profil

Apa Reaksi Anda ?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0