Pantai Air Manis

Alamat/Lokasi :

Jl. Malin Kundang, Air Manis, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

Pantai Air Manis

Fasilitas :

Toilet, kamar mandi, area parkir, area bermain, tempat istirahat, lokasi pancing

Dekat Dengan :

Gunung Padang

Akses & Transportasi :

Mudah diakses dengan kendaraan roda 4 dan roda 2

Ingin berwisata ke pantai yang bibir pantainya luas, landai dan bersih ?, rekomended untuk anda : Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis) di Kota Padang.

Pantai Air Manis termasuk pantai di Kota Padang yang meskipun tidak luput digerus ombak, masih terasa luas dan landai. Saking luasnya, mobil pengunjungpun bisa hilir mudik di pasirnya yang membentang lega, padat putih dan bersih. Tidak heran jika banyak pengunjung yang juga memanfaatkannya sebagai arena berolahraga seperti bermain bola dan lainnya. Anak-anak juga terasa nyaman bermain membuat istana pasir, membenamkan badan ke dalam pasir dan banyak lagi kegiatan yang mengasyikkan dapat dilakukan.

Pantai Air Manis juga pantai di kota Padang yang masih rimbun oleh pohon kelapa. Sehingga, terlihat indah dan menciptakan area bersantai yang teduh selain pondok-pondok istirahat yang disediakan warga sekitar.

Objek wisata ini dilengkapi fasilitas umum yang memadai. Seperti toilet, tempat beribadah dan tentunya area parkir, baik kendaraan roda 2 hingga roda 4. Untuk kuliner, cukup banyak kantin atau warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Tak terkecuali pedagang kaki lima atau pedagang keliling. Salahsatu menu andalan destinasi ini adalah kelapa muda.

Bagi pengunjung yang tidak atau lupa bawa pakaian ganti untuk bermain air maupun mandi, di kawasan pantai Air Manis juga tersedia gerai pakaian dengan harga terjangkau.

Ombak di Pantai Air Manis pada waktu tertentu cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan oleh para surfer berselancar diatasnya. Disamping itu, bagi penyuka olahraga yang memancing adrenalin juga tersedia jasa para layang dengan didampingi kru yang berpengalaman dan terlatih.

Warga sekitar juga menyediakan penyewaan ??? untuk berkeliling disepanjang pantai. Disisi barat Pantai Air Manis terdapat pulau kecil yang kerika air surut bisa didatangi dengan berjalan kaki. Namun harap berhati-hati, karena dasar area yang dilalui berupa hamparan karang yang sebagian cukup tajam. Di pulau tersebut, pengunjung bisa bersantai hingga memancing. Hanya saja jangan sampai terlena dan terjebak tidak bisa kembali, karena menjelang magrib pasang naik, jalur penghubung akan hilang dibenam air laut.

 

Batu Malin Kundang

Pantai Air Manis juga terkenal dengan legenda Malin Kundangnya. Legenda yang mengisahkan seorang anak durhaka yang berubah jadi batu akibat kutukan ibu kandungnya. Gundukan batu disisi selatan pantai, yang disalahsatu bagiannya berbentuk manusia sedang sujud konon adalah sosok si anak durhaka yang bernama Malin Kundang yang membatu beserta istri dan kru kapal serta kapalnya. Diceritakan, Malin Kundang merantau dan kaya namun tidak mengakui ibu kandungnya sebagai orang tua yang telah melahirkannya. Sedih, kecewa da marah si ibu mengutuk anaknya menjadi batu.

Sebagian orang percaya kisah ini memang pernah terjadi dimasa silam. Sebagian lagi menganggap hanya sekedar dongeng belaka. Tapi, yang pasti, legenda ini sudah terlanjur mendunia dan gundukan batu Malin Kundang sangat difavoritkan sebagai spot berfoto.

 

Akses

Pantai Air Manis terletak di wilayah selatan Kota Padang. Tepatnya di balik bukit gado-gado dan gunung Padang. Sebelumnya akses ke destinasi wisata ini kurang nyaman. Selain jaraknya lumayan jauh dari pusat kota, medan yang ditempuh cukup sulit karena sempit dan lumayan terjal naik turun. Namun sekarang, pengunjung sudah bisa dimanjakan oleh jalur baru yang disamping representatif juga seru karena melewati Jembatan Siti Nurbaya yang menghubungkan ke jalan baru yang besar beraspal mulus, menembus bukit dengan pemandangan indah dan jarak tempuh yang lebih dekat.

Sebagai informasi tambahan, Pantai Air Manis termasuk objek wisata yang diprioritaskan untuk terus ditingkatkan. Jadi, sangat rekomended dikunjungi. Bagi yang sudah pernah kesini ayo datang lagi, karena sudah banyak perubahan pada destinasi wisata ini...!

Alamat/Lokasi :

Jl. Malin Kundang, Air Manis, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

Admin :

Disparbud Kota Padang

Lihat Profil

Apa Reaksi Anda ?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0