Pawai Telong Telong

Jadwal :

6 Agustus 2020

Tempat :

Danau Cimpago Padang

Pawai Telong Telong

Telong-telong merupakan lampu yang digunakan pejuang untuk mengalahkan Belanda di Muaro Padang pada peristiwa heroik 7 Agustus 1669. Saat itu masyarakat Pauh dan Kuranji melawan VOC, yang menindas rakyat dengan merebut loji-loji Belanda. Telong-telong ini strategi pejuang agar terlihat ramai.

Dan Belanda juga tak menduga akan diserang. Sebab, mereka mengira rakyat hanya menggelar pawai tradisi biasa. Namun tiba-tiba rakyat menyerbu dan memporak-porandakan loji-loji Belanda.Dengan kebersamaan dan kecerdasan masyarakat Minangkabau itulah, loji-loji itu akhirnya bisa direbut.

Karena itulah pawai Telong-telong digagas dan dilaksanakan dalam rangka mengenang kisah bersejarah tersebut. Waktu penyelenggaraannyapun disesuaikan dengan tanggal kejadian dan juga disaat hari sudah gelap. Lokasi yang dipilih adalah disekitar Danau Cimpago. Sehingga warga serta wisatawan dapat leluasa menyaksikan bagaimana langit Kota Padang bertaburan cahaya dari telong-telong dan obor yang diarak peserta.

Bukan cuma itu, event yang sarat sejarah dan budaya ini juga dihiasi berbagai macam aksi kesenian dan pertunjukkan dari 11 Kecamatan di Kota Padang yang dikemas menarik.

Event ini dinilai Pemerintah Pusat sebagai kreatifitas yag pantas diacungkan jempol karena selain sangat menghibur juga menghargai jasa para pahlawan bangsa.

Admin :

Pariwisata Padang

Lihat Profil

Apa Reaksi Anda ?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0