Pulau Pasumpahan

Alamat/Lokasi :

Tlk. Kabung Sel., Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan
Pulau Pasumpahan

Fasilitas :

Cottage, warung makanan & minuman, penyewaan tenda, jasa penyeberangan

Dekat Dengan :

Pulau Pisang

Pelabuhan Teluk Bungus

Pulau Sikuai

Akses & Transportasi :

Via darat dari pusat Kota Padang ke Pelabuhan Teluk Bungus atau Dermaga Sungai Pisang, Kemudian menyeberang dengan menyewa perahu nelayan atau speed boat

Kota Padang memiliki deretan pulau kecil yang indah nan eksotis, salah satunya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan merupakan satu dari 11 gugusan pulau yang ada di perairan depan Kota Padang. Pulau satu ini terletak di perairan Bungus Teluk Kabung dan memiliki luas sekitar 5 hektar.

Sebelumnya, Pulau Pasumpahan mungkin belum begitu populer, namun sekarang banyak diminati wisatawan karena memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang relatif masih jernih juga pemandangan alamnya yang indah.

Untuk menyeberang menuju Pulau Pasumpahan, Anda bisa melalui dua titik, yakni melalui Sungai Pisang atau Pelabuhan Teluk Bungus.

Dari pusat Kota Padang ke Pelabuhan Teluk Bungus berjarak hanya 18,6 km. Sementara ke Sungai Pisang lumayan jauh 32,9 km. Namun jika bertolak dari Sungai Pisang penyeberangan lebih cepat dari Pelabuhan Teluk Bungus. Karena jarak dermaga di Sungai Pisang Pulau Pasumpahan lebih dekat dibanding dari Pelabuhan Teluk Bungus.

Setelah menginjakkan kaki di Pulau Pasumpahan, fasilitas yang ada di tempat tersebut terbilang lengkap. Anda bisa menemukan berbagai warung milik warga setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga cukup terjangkau. Selain itu, di Pulau Pasumpahan juga tersedia penginapan bagi Anda yang hendak bermalam.

Pulau Pasumpahan awalnya dikenal sebagai pulau yang tak berpenghuni, namun karena lama-kelamaan dikenal memiliki potensi wisata yang memikat, pulau satu ini pun mulai dikelola oleh masyarakat setempat. Dari yang awalnya hampir tak ada penginapan di Pulau Pasumpahan, kini sudah terdapat beberapa cottage atau pondokan dan diperkirakaan akan terus bertambah.

Selain menyewa penginapan juga bebas mendirikan tenda sendiri untuk berkemah di tepi pantai. Jika tidak membawa tenda, Anda dapat menyewa tenda yang disediakan oleh pihak pengelola dengan biaya sewa cukup terjangkau.

 

Alamat/Lokasi :

Tlk. Kabung Sel., Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat

Admin :

Disparbud Kota Padang

Lihat Profil

Apa Reaksi Anda ?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0