Sapta Pesona Perlu Diwujudkan Guna Tingkatkan Wisatawan di Kota Padang

Diposting : Nov 27, 2021 / 48 kali dibuka

Sapta Pesona Perlu Diwujudkan Guna Tingkatkan Wisatawan di Kota Padang

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Raju. M Chaniago yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif, Andi Amir mengatakan, pengembangan wisata saat ini lebih diutamakan meningkatkan lapangan pekerjaan masyarakat dan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, kata Andi, ada beberapa obyek wisata yang dikelola oleh masyarakat melalui Kelompok Sadarwisata (Pokdarwis).  "Peran pemerintah, tidak lagi sebagai operator, tapi hanya sebagai fasilitator dan pembimbing, sehingga yang betul-betul mendapat manfaat dari objek wisata adalah masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Ia menekankan, hal tersebut saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi tentang sadar wisata bagi Pokdarwis se Kecamatan Padang Selatan , Kawana Hotel, Rabu (24/11/2021). Menurutnya, gerakan Sadar Wisata beriringan dengan prinsip Sapta Pesona dalam pengelolaan objek wisata. Di mana Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu objek wisata.

Ia juga menekankan, Sapta Pesona terdiri atas tujuh kata, yakni, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah dan kenangan.

"Tujuh hal tersebut yang harus mampu diwujudkan oleh Pokdarwis sebagai pengelola objek wisata yang berbasis masyarakat," tambahnya.

Perkembangan suatu objek wisata juga akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. "Tingginya tingkat kunjungan wisatawan, tentu juga akan membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha bagi masyarakat, seperti seni pertunjukan, usaha kuliner, aneka produk UMKM, maupun sebagai pemandu wisata," imbuhnya

Admin :

Pariwisata Padang

Lihat Profil

Apa Reaksi Anda ?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0