Setelah Pengecatan, Kota Tua Padang Lama Bakal Jadi Ikon Baru Pariwisata Menarik di Kota Padang

Diposting : Des 3, 2021 / 214 kali dibuka

Setelah Pengecatan, Kota Tua Padang Lama Bakal Jadi Ikon Baru Pariwisata Menarik di Kota Padang

Pemerintah Kota Padang mempercantik penampilan Kota Tua Padang Lama. Melalui support dari produsen cat Dulux, bangunan – bangunan bersejarah di tepian sungai Batang Arau itu akan dilakukan pengecatan ulang. “Pengecatan ulang bangunan bersejarah di Kota Tua Padang Lama memang sudah lama direncanakan. Dengan adanya support dari PT ICI tentunya hal itu segera bisa diwujudkan, ” kata Wali Kota Padang Hendri Septa usai melakukan simbolis “kick off” pengecatan di kediaman, Selasa (30/11/2021).

Menurut Hendri Septa, sejak dua tahun lalu rencana mempercantik kawasan Padang Lama sudah dibicarakan dengan pihak Dulux. Terkait dengan itu, Pemko Padang juga mendiskusikannya dengan akademisi dan komunitas pemerhati cagar budaya serta pemilik bangunan. “Sudah dua tahun hal ini dibicarakan dengan berbagai pihak, termasuk akademisi dan pemerhati cagar budaya serta komunitas,” ujarnya.

Dia menambahkan, ke depan Kota Tua Padang Lama akan menjelma menjadi ikon baru pariwisata Kota Padang. Tempat ini akan menggugah ingatan orang tentang suasana tempo dulu dengan adanya penjual makanan dengan berpakaian tradisional. “Tempat ini nantinya akan jadi ikon baru pariwisata Kota Padang. Di sini orang akan merasakan suasana tempo dulu dari kuliner dan barang yang dijual, juga para penjualnya yang berpakaian tradisional, ” ulas Hendri Septa.

Pada acara yang dihadiri perwakilan pimpinan perusahaan produsen cat ternama itu, Hendri Septa menyampaikan ucapan terima kasih. Ucapan itu ditujukan kepada pihak – pihak yang sudah menjembatani terwujudnya kerjasama tersebut memiliki perhatian terhadap sejarah dan pariwisata Kota Padang. “Kami tentu senang dan menyampaikan terima kasih kepada tokoh – tokoh masyarakat yang begitu perhatian terhadap sejarah dan pariwisata Kota Padang, ” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan pimpinan PT. ICI Ria Martiana menyampaikan program kerjasama perusahaannya sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Pengecatan dilakukan terhadap bangunan bersejarah, seperti kota tua di DKI Jakarta, Bandung, Salatiga, dan saat ini di Kota Padang.

“Untuk program ini, kami sudah menghabiskan lebh dari 260.000 liter cat,” katanya.

Untuk tahap pertama, lanjut Ria, pihaknya akan menyerahkan cat untuk pengecatan sebanyak 20 bangunan termasuk jembatan Siti Nurbaya.

“Pengerjaannya langsung dimulai Desember ini dan selesai awal 2022 nanti, ” ujar Ria.

Sejalan dengan itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju M. Chaniago menyebut beautifikasi Kota Tua Padang Lama dilakukan untuk menambah daya tarik destinasi wisata. Kawasan itu akan dijadikan pusat kegiatan ekonomi kreatif dengan berbagai sub sektor, mulai dari kriya, seni pertunjukkan, musik, tentunya juga kuliner.

“Nantinya Padang Lama akan lebih menarik setelah pengecatan. Di sini akan jadi pusat kegiatan ekonomi kreatif sub sektor kriya, kuliner musik dan seni pertunjukan, ” kata Raju Minropa.

Admin :

Pariwisata Padang

Lihat Profil

Apa Reaksi Anda ?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0